Rabu, 05 Oktober 2016

Tugas Pemrograman Berorientasi Objek

USE CASE,CLASS DIAGRAM

Judul Tugas Saya adalah : Aplikasi Transaksi Pembayaran Rumah Makan

Pada minggu awal pengerjaan tubes ini,saya mulai membuat use case diagram dari sistem tersebut.
Use case diagram digunakan untuk memodelkan sistem yang akan kita buat,yang mendeskripsikan fungsi-fungsi apa saja yang ada dalam sistem yang kita buat ini.

Pada use case,ada 3 aktor yang terlibat dalam sistem aplikasi yang saya buat ini.
Yaitu Kasir,Pelayan, dan Customer. Sehingga use case'nya dapat dibuat seperti berikut :


Deskripsi Use Case tersebut adalah :

• Customer datang dan memesan menu kepada Pelayan
• Pelayan mencatat pesanan yang di pesan oleh Customer
• Kemudian pelayan mengantarkan pesanan kepada Customer berdasarkan noMeja
• Setelah selesai makan, Customer datang ke Kasir
• Kasir menghitung total pembayaran yg harus di bayar oleh Customer
• Customer membayar total biayanya (bisa membayar secara tunai ataupun melalui Card)
• Kasir mencetak struk pembayaran dan memberikannya kepada Customer

Kemudian, saya membuat Class Diagram untuk menggambarkan tentang struktur-struktur sistem dari segi pendefinisian kelas-kelas.
Class Diagram ini menunjukkan tentang seperti apa dan bagaimana sistem aplikasi yang akan kita buat.
gambar Class Diagramnya adalah :


Setelah membuat Class Diagram,saya lalu membuat lagi tentang Diagram Objek. Diagram Objek adalah diagram yang menggambarkan struktur sistem dari segi penamaan objek kelas itu.
Diagram objek memiliki nama_objek:nama_kelas
seperti Diagram Objek sistem yang saya buat:



Minggu kemarin, saya melanjutkan pngerjaan Tugas Besar saya ini dengan membuat Sequence Diagram.
Sequence Diagram yaitu diagram yang menggambarkan kelakuan/perilaku sistem berdasarkan Use Case diagram menurut urutan waktu objek yang sudah saya buat tadi.

-Kasir bisa memilih User Interface mana yang akan dilakukan,yang terdapat dalam menu utama.
-Nah,mula-mula Kasir melakukan Login terlebih dahulu.



-Jika Kasir melakukan Hitung Pembayaran, ia bisa melakukan pengolahan pemesanan terlebih dahulu yaitu:

Melakukan Insert Pembayaran (memasukkan kode-kode menu yang sudah dipesan oleh Customer,lalu menghitungnya)


Melakukan Update Pembayaran (jika mengubah data pesanan yang sudah dipesan oleh Customer )

Melakukan Delete Pembayaran (jika menghapus data menu pesanan Customer)


-Jika Kasir melakukan Pembayaran By Card, alurnya adalah :



-Jika Kasir melakukan Cetak Struk, alurnya adalah :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar